PESAN ERROR PADA KOMPUTER

Kadang kita merasa jengkel saat komputer kita mengalami problem, selalu muncul layar biru dan text putih yang gak jelas apa maksudnya. Berikut ini adalah definisi pesan error pada blue sceen :
1. IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL (0X0000000A)

Pesan Error ini sering muncul pada saat terjadi Blue Screen. Pesan ini biasanya dikerenakan adanya ketidakcocokan driver yang terinstall di komputer.
Ada permasalahan pada Video Card, yaitu video card yang dioverclock telah melebihi batas atau Anda baru berganti Video card dan kita belum menguninstall driver Video card lama dari chipset berbeda
Permasalahan pada Audio Card, yaitu kesalahan konfigurasi atau bug dalam driver sound card

2. NTFS_FILE_SYSTEM atau FAT_FILE_SYSTEM (0X00000024) atau (0X00000023)

Pesan error  ada masalah di partisi atau file systemnya tetapi bukan di harddisk. Pengecekan dengan memeriksa kabel SATA atau PATA atau bisa memeriksa partisi dengan tool chkdsk.

3. UNEXPECTED_KERNEL_MODE_TRAP (0X0000007F)

Pesan error seperti ini, dapat disebabkan karena :
- Overclock Hardware yang berlebihan
- Komponen komputer yang terlalu panas
- BIOS yang korup
- Memory dan CPU yang telah cacat

4. DATA_BUS_ERROR

Pesan error ini disebabkan adanya kemungkinan bahwa memory atau slot memory di motherboard sudah rusak.

5. PAGE_FAULT_IN_NONPAGED_AREA

Pesan error ini disebabkan adanya permasalahan hardware, yang termasuk memory utama, memory video card, atau memory di processor (L2 Cache)

6. INACCESSIBLE_BOOT_DEVICE

Pesan error ini disebabkan adanya kesalahan dalam konfigurasi jumper harddisk yang salah, virus boot sector, driver IDE controller yang salah, atau kesalahan driver chipset.

7. VIDEO_DRIVER_INIT_FAILURE

Pesan error ini disebabkan adanya Kesalahan terjadi pada saat install driver video card yang kurang sempurna, restart pada saat instalasi atau juga dapat terjadi karena kesalahan dalam instalasi driver.

8. BAD_POOL_CALLER

Pesan error ini disebabkan karena adanya Kesalahan ini dapat terjadi karena kesalahan atau driver yang tidak kompatibel. Sering terjadi saat melakukan instalasi XP dari upgrade, atau bukan dari instalasi baru.

9. PEN_LIST_CORRUPT

Pesan error ini disebabkan karena ada kerusakan RAM

10. MACHINE_CHECK_EXCEPTION

Pesan error ini disebabkan adanya kecacatan pada CPU, atau yang di overclock secara agresif, serta power supply yang kekurangan daya atau rusak.

sumber : http://diankusuma.net84.net/pesan-error-pada-blue-screen.html

Tidak ada komentar: